One comments

20 Tempat Wisata Di Sekitar Pulau Samosir Yang Harusnya Anda Kunjungi

2:11 AM

Horass... !!! bagaimana kabar anda hari ini ? Apakah anda ada rencana mau jalan-jalan ke daerah pulau samosir atau paling tepatnya kita sebut ke Danau Toba ? jika ya, mungkin artikel ini sedikit bisa mendukung perencanaan perjalanan wisata anda. Kali ini kita tulis seputar tempat-tempat wisata yang ada di daerah pulau samosir.

Nah.. jika selama ini yang paling terkenal dan populer dari daerah samosir adalah tepian danau tobanya, desa tuktuk siadong-adong, dan beberapa daerah lain seperti pangururan, palipi atau daerah lainnya. Sebenarnya di daerah wisata pulau samosir ini ada banyak sekali spot-spot wisata menarik, diantaranya ada yang berupa wisata alam, sejarah, ataupun buatan manusia sendiri (Pengembangan wisata).

Jadi setelah membaca artikel ini, mungkin anda akan berniat untuk mengunjungi spot-spot itu satu persatu. Berikut daftarnya.


  1. Pantai Maria Raja Samosir
    Wisata Samosir berupa pantai bebas di Desa Maria Raja, Kecamatan Nainggolan, dengan pasir putih dan air danau yang jernih untuk pemandian dan rekreasi.
  2. Pantai Bebas Samosir
    Wisata Samosir di desa Sabulan, Kecamatan Sitio-Tio
  3. Pantai Bebas Sukkean Samosir
    Wisata Samosir di Kecamatan Onan Runggu berupa pantai dengan pasir putih yang masih alami.
  4. Partukko Naginjang Samosir
    Wisata Samosir di Desa Martahan, Kecamatan Haraian Boho, di jalan lintas Sidikalang-Doloksanggul, merupakan tempat terbang layang dan Janji Martahan merupakan tempat mendarat peterbang layang.
  5. Patung Liberty Malau Samosir
    Wisata Samosir di Kecamatan Pangururan berupa sebuah tugu yang dibuat sebagai peringatan bagi perjuangan seorang pejuang angkatan 45 yang berasal dari Pulau Samosir pada masa revolusi kemerdekaan.
  6. Pemandian Air Panas Samosir
    Wisata Samosir di Kecamatan Panguruan, sekitar 3 km dari Kota Pangururan
    Wisata Pemandian Boru Saroding Samosir
  7. Samosir di Ransangbosi,
     Kecamatan Sitio-Tio, sekitar 35 Km dari Pangururan yang dipercaya sebagai pemandian para puteri cantik yang turun dari kahyangan.
  8. Persanggarahan Samosir
    Wisata Samosir di Pangururan berupa bangunan tua peninggalan Belanda yang pernah dipakai sebagai kantor dan kediaman Bupati Samosir.
  9. Piso Somalim Samosir
    Samosir berupa tempat bersejarah di Mogang, Palipi, yang dipercaya ampuh dalam memberi ketentraman bagi masyarakat, karena jaman dahulu mampu melerai dua kelompok yang berseteru.
  10. Wisata Pulo Tulas Samosir
    Wisata Samosir di Kecamatan Sianjur Mula-Mula berupa sebuah pulau Kecamatanil di tengah Danau Toba.
  11. Pulo Pearung Samosir
    Pulau ini adalah salah satu pulau yang juga unik, uniknya apa... Pulau diatas Pulau Samosir ini, adalah tumpukan rawa-rawa yang di tumbuhi oleh pakis air dan jenis tumbuhan semak lainnya, namun ada satu pohon pinus yang sudah tumbuh sekitar 20-an tahun dimana besar pohon tersebut hanya setinggi lebih kurang 2-3 meter saja.
  12. Pusuk Buhit Samosir
    Wisata Samosir berupa puncak gunung 1.800 mdpl, dengan panorama Danau Toba, dan matahari terbit, dicapai dengan kendaraan sampai ke Desa Huta Ginjang, dilanjutkan berjalan kaki 500 m.
  13.  Rumah Tradisional Batak Samosir
    Wisata Samosir berupa rumah panggung tradisional Batak yang dikenal sebagai Rumah Bolon, dengan konstruksi kayu tanpa paku dan atap serat nira, atap belakang lebih tinggi dari depan.
  14. Sigulatti Samosir
    Wisata Samosir di pegunungan Pusuk Buhit, Kecamatanamatan Sianjur MulaMula, yang diyakini sebagai tempat asal mula orang Batak.
  15. Tambun Surlau Samosir
    Wisata Samosir di Kecamatan Onan Runggu berupa tempat pemandian alam dengan air segar dan udara yang sejuk
  16. Terusan Tano Ponggol Samosir
    Wisata Samosir di Kecamatan. Pangururan berupa terusan yang memisahkan Pulau Samosir dengan Pulau Sumatera. Terusan ini dibuat pada jaman Belanda dan sampai sekarang masih berfungsi dengan baik.
  17. Tuktuk Siadong Samosir
    Wisata Samosir di sebuah kawasan yang berbentuk tanjung dan menjadi pusat kegiatan wisata, seperti hotel, restoran, lukisan dan ukiran khas Batak.
  18. Aek Natonang Samosir
    Wisata Samosir yang berlokasi di Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo, merupakan sebuah danau di atas danau Samosir yang mana akan dijadikan sebagai kawasan areal Hutan Wisata dengan luas 105 Ha.
  19.  Aek Sipitu Dai Samosir
    Wisata Samosir di kawasan Kecamatan Sianjur Mula-Mula merupakan sumber air yang diyakini oleh orang Batak diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terdapat tujuh saluran yang berbeda dan memiliki tujuh rasa.
  20. Air Panas Simbolon Samosir
    Wisata Samosir di Kecamatan Palipi berupa kawasan berbatu belerang dimana terdapat mata air panas yang masih alami.
Gimana.... selain Parapat, makam raja sidabutar, tuktuk, pangururan dan lainnya yang mungkin sudah pernah anda dengar, ternyata masih banyak spot-spot lainnya kan yang menarik untuk di kunjungi di Pulau Samosir ini. So.. come to lake toba. 

Sumber : gobatak

1 comments:

 
Toggle Footer
Top