One comments

Keindahan Air Terjun Janji Baktiraja Di Tepi Danau Toba

10:33 PM
Kecamatan Baktiraja merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan dan kecamatan ini merupakan satu-satunya kecamatan di Humbang Hasundutan yang memang lokasinya tepat di Tepi Danau Toba. Baktiraja memiliki keindahan panorama alam yang sangat indah, selain pemandangan alam danau toba, beberapa spot wisata penting ada di daerah ini seperti Istana Pahlawan Sisingamangaraja XII, Aek sipangolu, dan air terjun Janji.

Kali ini saya mau tulis sedikit tentang Air terjun janji ini. Wisata air terjun ini berada tidak jauh dari pusat kantor pasar kecamatan Bakti Raja. Akses menuju lokasi juga bagus dengan jalan aspal namun sedikit berbukit dan agak sempit, disebelah kiri adalah perbukitan hijau yang mengelilingi danau toba sementara tepat disebelah kanan adalah Danau toba dengan segala pesonanya yang sangat indah. 

Air terjun ini berada tepat di pinggir danau toba, jatuh dari perbukitan yang tinggi dan menghempas batu-batu yang cukup besar di bawahnya. Airnya jernih, beberapa batang pohon pinus terlihat tumbuh menghijau disekitar tumpahan ainya. Sementara di bagian bawahnya terlihat sebuah tempat pemandian sederhana. Semua orang bisa mandi disini dan merasakan sejuknya air yang tumpah dari ketinggian menuju danau toba ini. Ada dua ruang yang disediakan yaitu untuk pria dan wanita. Untuk tinggi dari air terjun ini mungkin sekitar 25 s/d 30 meter saja memang. 

Untuk sumber air darimana datangnya air itu saya kurang tahu. Ketika ingin menanyakan sama pemilik warung santai dibawah terlihat mereka pada sibuk melayani pengunjung, tapi jika dipandang dari bawah,  airnya seperti keluar dari batu karena tidak terlihat aliran air sedikitpun dari arah puncak. 

Air terjun ini sangat indah, selain karena berada tepat di bawah dolok-dolok (bukit) juga posisinya tepat menghadap danau toba, sehingga semakin menambah keindahannya saja. Batu-batu yang cukup besar terlihat disepanjang aliran airnya setelah terjatuh dari atas. Indah sekali. 

Untuk urusan fasilitas, dilokasi hanya terlihat sebuah warung atau tepatnya boleh disebut sebagai tempat istirahat saja. Disini para pengunjung bisa bersantai menikmati alam sejuk yang ditemani dengan suara tumpahan air terjun janji sembari ditemani makanan-makanan ringan atau minuman ringan yang tersedia. Sementara kendaraan anda, bisa parkir di lahan parkir khusus yang disediakan walau tidak begitu luas namun serasa pas dengan lokasinya. 

Merasa cukup puas mengunjungi air terjun ini, anda bisa meneruskan perjalanan ke arah ujung tepatnya ke desa Tipang disini terdapat dua Restoran Apung, anda bisa bersantai disini dan menikmati alam danau toba dari tepiannya. Atau mungkin anda bisa meneruskan perjalanan ke Desa Simandang, disini ada sebuah aliran air yang disebut dengan Aek Sipangolu. Sebuah mata air yang keluar dari batu. 

Berikut beberapa Foto tentang panorama alam  Kecamatan Baktiraja. 














Air terjun janji di foto dari samping


Jalan Menuju Air Terjun Janji - Agak Sempit Kan, tapi pemandangannya loh... !!!! :D 


Cantik kan !!!! air mancur dengan patung ikan ini berada tepat di bawah air terjun, disampingnya adalah warung santai yang saya sebut itu. Dan di bawahnya adalah jalan kecamatan dan Parkir, jadi boleh dikatakan bisa jadi ikon juga nih..


 Kalau ini pemandangan dari restoran apung di Desa Tipang.

Info : jika anda punya usaha pariwisata, sekarang anda bisa pasang iklan gratis di salah satu situs promosi bisnis pariwisata indonesia, yaitu di Promosi.diwisata.com  dan info pariwisata lainnya di Diwisata.com

Lanjut
Berikut Ini Artikel Selanjutnya.
Older Post

1 comments:

 
Toggle Footer
Top